Fungsi laminasi pada media reklame banners

Senin, 13 Agustus 2012

Sering kita melihat media reklame yang dipajang ataupun terpampang baik dibagian luar ruangan maupun didalam ruangan, kadang kita melihat media reklame tersebut seperti contoh pada banner memberikan cahaya pantulan yang berlebihan, sehingga memberikan efek silau pada saat dipandang dan menjadi kurang menarik.

Sisi lain sebaliknya kita juga disajikan reklame pada ruangan yang kekurangan cahaya dengan reklame yang tampil agar redup dan menampilkannya seperti dengan material yang sudah lama, sehingga iklan yang disajikan sudah seperti iklan usang dan lama. Lalu lihatlah apakah iklan yang telah kita buat tampil seperti demikian karena material reklame yang memang kurang sempurna.

fungsi laminasi
Sebenarnya hal ini terjadi hanya karena kesalahan dalam menentukan material reklame, bukankah sia-sia rasanya kalau biaya yang sudah kita keluarkan, dan desain yang sudah diupayakan menjadi kurang berfungsi maksimal hanya karena ketidak tahuan kita dalam hal menentukan material yang tepat untuk tempat reklame yang ingin kita kelola.

Beberapa kali kasus yang terjadi pada rekanan media reklame 76, khususnya rekan-rekan penyalur yang melayani klien, tetapi pada saat di pasang mendapatkan komplain dari hasil kerjanya. Umumnya kesalahan terjadi pada jenis reklame banner yang mana seharusnya tampil ngejreng karena ruang kurang cahaya menggunakan laminasi doft pada bannernya, atau media reklame yang seharusnya tampil di lokasi yang sangat banyak cahaya, tetapi bannernya dilapisi oleh laminasi glossy.

Laminasi berfungsi bukan saja untuk mencegah kelunturan tinta jika masih menggunakan mesin plotter dengan tinta berbasis air. Namun lebih dari pada hal tersebut, fungsi laminasi jauh lebih besar untuk menghasilkan efek yang menyesuaikan pada kondisi ruangan. Saat kondisi ruangan atau tempat meletakan reklame kurang akan cahaya maka sebaiknya tampilkan media reklame banner dengan material yang memantulkan cahaya atau gunakan laminasi gloosy, dan sebaliknya saat reklame ditempatkan pada ruang atau lokasi yang memang penuh dengan cahaya maka sebaiknya gunakan laminasi doft. Fungsi utama yang penting untuk memberikan efek nyaman dari pemandangnya sehingga lebih menarik minat bagi mereka mencari lebih detail lagi tentang informasi yang disajikan.

Fungsi tambahan dari laminasi adalah kemudahan dalam membersihkan media reklame banner jika telah kotor, cukup dengan dilap atau beri sedikit air hangat atau berikan sampo saat noda sulit hilang. Hal ini memberikan jaminan hasil media printing reklame tidak akan cacat pada saat dibersihkan.

Mungkin dengan memberikan lapisan laminasi pada media reklame banner khususnya membuat harga menjadi sedikit agak mahal, namun melihat dari efek efektivitasnya hal ini bisa menjadi pertimbangan yang mendasar untuk menjadkan reklame banner efektif dan lebih sesuai dengan tempat penggunaannya.