Pentingnya membuat safety sign dengan material yang tepat

Kamis, 15 November 2012

Papan anjuran dan peringatan sering kali disebut dengan safety sign, mengapa berisi anjuran dan peringatan? Karena papan ini biasanya diletakan di tempat atau lokasi kerja yang khususnya sangat rawan terjadinya kecelakaan kerja atau resiko berbahaya.

material safety sign
Safety sign, atau rambu keselamatan sudah sering kita jumpai di areal kerja, pabrik, gudang, perkantoran, gedung, kapal, proyek, dan berbagai tempat lainnya. Namun demikian, apakah safety sign yang sudah terpasang ditempat tersebut juga sudah efektif ketika terjadi kebakaran dan ketika seluruh ruangan dan jalur evakuasi dipenuhi asap? Apakah safety sign tersebut benar memberikan manfaat dan menjadi penyelamat jiwa ?

Safety sign biasanya terbuat dari bahan sticker yang reflective dan non reflective. Yang non reflective ini terbagi menjadi sticker glow in the dark atau sticker fosfor dan sticker biasa saja. Kebanyakan safety sign yang ada di Indonesia berbahan material reflective atau dikenal dengan scotchlite. Material scotchlite sangat efektif untuk memantulkan pancaran cahaya yang datang sehingga safety sign tersebut kelihatan dari arah si sumber cahaya. Dan ini berarti sebaliknya, apabila tidak ada sumber cahaya yang mengarah ke material scotchlite tersebut, maka safety sign itu menjadi tidak efektif.

Lain halnya dengan sticker fosfor atau  sticker glow in the dark, material ini bersifat seperti panel tenaga surya sehingga material ini akan menyimpan energi dari sinar yang diserap dan ketika gelap, cahaya akan terlihat.

Dalam musibah dalam suatu areal yang gelap total, material fosfor atau glow in the dark adalah material yang paling efektif dan akan menyelamatkan jiwa banyak orang dalam proses evakuasi.
Adalah suatu hal yang tidak kita perlu pertanyakan lagi, bahwa jiwa manusia sangat berharga. Dan adalah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memastikan kehadiran safety sign bukan hanya sekedar memenuhi peraturan keselamatan kerja tetapi melainkan untuk memastikan keselamatan kerja setiap pekerja di ruangan tersebut.

Safety sign buat jalur evakuasi (evacuation route safety sign) dan safety sign alat pemadam kebakaran (fire equipment signage) adalah dua hal yang harus menggunakan material fosfor atau glow in the dark. Dalam kondisi gelap akibat kebakaran, dua hal tersebut adalah hal terpenting untuk keselamatan jiwa.

Kesimpulannya, saat lokasi kerja atau ditempatkannya sebuah safety sign di suatu tempat, yang mana tempat tersebut beroperasi 24 jam siang dan malam, maka penggunaan safety sign dengan material yg bagus dan effektifnya sign pada waktu malam hari menjadi sangat penting.