Mengenal sticker dan cara membuatnya sebagai produk advertising

Sabtu, 14 Juli 2012

Kita tentu sudah tau bersama apa yang dimaksud dengan sticker ? Tentunya kebutuhan akan sticker ini sudah menyentuh berbagai bidang kehidupan dan bisnis. Hal tersebutlah yang membuat kita dapat membangun penghasilan tambahan dengan memanfaatkan peluang untuk berbisnis Sticker. Pada umumnya pengolahan atau pembuatan sticker bisa dengan 4 macam cara, antara lain :
  • Pembuatan sticker dengan digital printing,
  • Pembuatan sticker dengan cutting sticker,
  • Pembuatan sticker dengan cetak offside, dan
  • Pembuatan sticker dengan cetak sablon.
sticker printing
Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing cara tersebut diatas, sudah tentu Media Reklame 76 Balikpapan mengupas dan membagi sedikit pengetahuan untuk rekan-rekan agar bisa memilih saat ingin membuat sticker atau membuka bisnis sticker nantinya, Tapi saat ini kami akan membahas cara membuat sticker dengan digital printing dan cutting sticker, karena untuk items 3 dan 4 sudah ada pada tulisan kami sebelumnya.

Membuat sticker dengan digital printing Bagaimana cara membuat sticker dengan digital printing ?, mendengar kata digital printing tentunya terbayang adalah komputerisasi, dan benar pada awalnya sudah tentu desain dari sticker tersebut dapat kita gambar melalui komputer dengan program / software Coreldraw, adobe photoshop, atau adobe illustrator. Hal ini mengingatkan kita bahwa pentingnya untuk belajar agar dapat menguasai software desain grafis tersebut. Setelah gambar selesai didesain, maka sticker sudah siap untuk dicetak baik menggunakan mesin digital printing indoor antara lain : Epson, Hp, Canon untuk mesin jepang, dan Novajet atau Lecai untuk mesin China.

Maupun menggunakan mesin digital printing oudoor seperti Solaris, Mayjet, maupin Winjet, serta banyak lagi berbagai macam merek dari China, walaupin ada juga beberapa yang menggunakan mesin Non China yang rata-rata hasil cetaknya lebih bagus.

Bahan atau material sticker untuk media cetakan juga bervariasi tergantung kebutuhan, untuk indoor biasanya menggunakan bahan syntetic vinnyl indoor dan untuk outdor banyak menggunakan material syntetic outdoor seperti bermerk : Graftex, Retrama, maupun Orajet,… itu semua tergantung kebutuhan kita. Ada juga bahan sticker transparant yaitu mencetak sticker di bahan transparan plastik bening dan ada juga kebutuhan mencetak sticker di bahan oneway berlubang-lubang seperti jala. Umumnya kedua material tersebut dicatak dengan mesin outdoor.

Setelah sticker dicetak berarti sticker sudah siap digunakan untuk kebutuhan tertentu, tetapi untuk kebutuhan ketahanan dan keawetan biasanya sticker diberikan lapisan yang tahan akan kelunturan air maupun pengaruh sinar UVI. Pada umumnya diberi laminasi berupa sticker plastik bening dan tipis walaupun ada pula yang bermotif baik glossy maupun doft, dan sebahagian ada pula yang memberikan lapisan dengan clear semprot. Selain berfungsi sebagai penahan ancaman dari air dan sinar UVI, juga dapat mngangkat atau lebih menerangkan warna pada sticker. Setelah setiker sudah selesai dilapisi dengan lapisan pengawet, maka sticker sudah siap untuk dipergunakan. Walaupun ada juga beberapa kasus yang melakukan pemasangan sticker dahulu baru diberikan lapisan pengawet. Biasanya kasus seperti ini terjadi pada sticker yang diprinting menggunakan media mesin dan tinta outdoor.

Demikianlah dahulu posting penyampaian dari kami, segera akan kami jelaskan cara membuat sticker menggunakan cutting sticker. Semoga postingan ini dapat bermanfaat.