Reklame dan tujuan ber-iklan bagi usahawan.

Senin, 23 Juli 2012

Berdagang, berbisnis, atau berjualan hanya pasrah menunggu datangnya pembeli, kondisi ini sudah pasti tidak baik. Membuka bisnis dan orang lain tidak mengetahui produk atau jasa apa yang di pasarkan, Tentu hal ini berbahaya. Kita mengenal bahasa penawaran dalam bentuk yang beragam yang disebut dengan iklan.

Promosi merupakan upaya yang sangat penting untuk melakukan pemasaran atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Tanpa terlepas dari berbagai arti, jelas untuk kemajuan sebuah bisnis yang dibangun sudah pasti produk harus terjual kepada konsumen.
Manfaat Beriklan
Apapun langkah dan upaya seorang usahawan untuk menjual produk dan jasa yang mereka jadikan komoditi yaitu dengan Langkah tepat dalam melakukan promosi, jawabannya sudah pasti dengan memasang iklan.

Media periklanan adalah bentuk komunikasi baik langsung maupun tidak langsung yang digunakan untuk mempengaruhi individu untuk membeli produk atau jasa selain itu juga dapat bersifat untuk membujuk calon pelanggan untuk membeli atau mengkonsumsi merek tertentu produk atau jasa.
Pada aplikasinya, media iklan ada dua macam yaitu:

  • media iklan dalam ruang (Indoor advertising) : iklan televisi.radio,surat kabar, majalah maupun
  • media iklan luar ruang (Outdoor advertising) : billboard, banner, spanduk, baliho, neon box, shop sign branding, dll.
Iklan
Media luar ruang adalah media yang tepat bagi perusahaan untuk melakukan promosi, dengan karakter visualisasi yang menarik perhatian memudahkan orang untuk mengenal suatu produk dan mudah dalam mengingatnya karena biasa ditempatkan di tempat-tempat strategis dan mudah dilihat orang. Dan pastinya biayanya lebih murah.

Berbagai macam contoh media komunikasi visual adalah:

Billboard
Billboard merupakan reklame yang berbentuk bidang yang dapat terbuat dari kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, dan sebagainya yang pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, dan reklame tersebut bersifat permanen.

Baliho
Baliho merupakan media promosi luar ruang yang digunakan untuk memberikan informasi/promosi jangka pendek mengenai acara (event) tertentu dan pelincuran produk baru atau kegiatan yang bersifat insidentil. Perbedaan baliho dengan billboard terletak pada konstruksinya yang semi permanent.

T- Banner,Umbul-Umbul dan Spanduk
Suatu bentuk media promosi yang sangat efektif dan sering digunakan karena dibanding media promosi luar lainnya T-banner,Umbul-Umbul dan Spanduk lebih terjangkau dan menarik perhatian karena biasa di pasang di suatu tempat yang terpusat namun dengan jumlah yang banyak,namun disisi lain memiliki jangka waktu pemasangan yang relatif pendek

Branding
Branding adalah sebuah proses pengenalan suatu ‘brand’ tertentu sehingga dapat dikenal oleh masyarakat, Branding sendiri biasanya dilakukan seperti: Branding pada mobil/kendaraan umum (iklan berjalan), Branding pada toko, kios atau warung.

Dari paparan diatas, berikut adalah manfaat dan tujuan beriklan, antara lain :
  • Mengingatkan konsumen dan prospek konsumen, mengenai manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Membangun dan mempertahankan identitas perusahaan
  • Meningkatkan reputasi perusahaan
  • Mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak
  • Menarik konsumen baru untuk mengganti konsumen yang hilang
  • Membantu meningkatkan penjualan
  • Mempromosikan dan memperkenalkan bisnis ke konsumen, investor, dan pihak-pihak lainnya
Tujuan beriklan
  • Menciptakan Awareness
  • Membangun Pengetahuan
  • Membangaun Persepsi
  • Pembelian (purchase)
  • Membangun Loyalitas Konsumen
Jika seorang usahawan menginginkan kesuksesan besar dalam memperkenalkan, dan menjual produk dan jasa yang dijadikan bisnisnya, maka jalan keluar yang wajib dilakukan adalah dengan ber-iklan.