Reklame media digital sablon sebagai peluang usaha

Sabtu, 21 Juli 2012

Digital sablon merupakan media reklame yang sangat bagus untuk memulai belajar bisnis di bidang promosi dan material periklanan, digital sablon menghasilkan produk media reklame berupa berbagai macam souvenir, perlengkapan kerja, dan sarana promosi yang dibagi-bagikan.

Termasuk bukan dalam bisnis besar, walaupun memiliki kemampuan untuk merambah dan menjadi bisnis besar yang dapat dijadikan tumpuan masa depan, digital sablon menghasilkan produk yang dapat dipesan baik dalam jumlah satuan maupun dalam jumlah yang banyak. Ini membuat peluang usaha ini dapat digeluti dengan baik.

mesin digital sablon
Jenis produk yang murah, memastikan permodalan awal memulai bisnis ini tidaklah terlalu besar. Namun saat bisnis mulai berkembang dan membesar karena menerima pesanan perusahaan dalam jumlah yang banyak memastikan bisnis melangkah kearah lebih besar dan membutuhkan permodalan yang besar.

Produk yang dihasilkan oleh bisnis ini bukan hanya 1 atau 2 produk saja, dengan kreativitas dan inovasi yang terus menerus maka produk yang dapat dihasilkan akan terus berkembang besar dengan beragam souvenir antara lain : sablon kaos, mug, piring, asbak, jam dinding, payung, pulpen, korek api, keramik, botol minuman, dan lainnya. Memprouksi peralatan kerja seperti brosur, kartu nama, kartu ucapan, undangan, id card, dan sebagainya.

Pelaku bisnis ini diharuskan untuk memastikan segalanya tercukupi sebelum mulai membuka dan mengoperasikan bisnisnya, hal yang perlu di ketahui antara lain :
  • Memiliki kemampuan desain dan mengoperasikan software desain dengan baik, seperti coreldraw, photoshop, freehand, adobe illustrator.
  • Memahami bagaimana proses kerja dalam produksi digital sablon dan produk yang akan dihasilkan.
  • Menargetkan pasar yang akan di ambil, dan menetapkan tempat usaha dengan gerai yang menarik.
  • Berinvestasi untuk pengadaan mesin-mesin kerja digital sablon, mulai dari komputer kerja sampai dengan mesin produksi cetak, potong, press, dan laminasi.
  • Membuat stock produk souvenir dan perlengkapan kerja apa saja yang akan dijadikan produk yang dipasarkan.
  • Mendidik karyawan dengan baik akan pengetahuan dan toturial mengerjakan produk-produk souvenir digital printing.
  • Membuat produk-produk display dan contoh untuk promosi.
  • Belajar mengelola pemasaran dengan baik khusus untuk digital sablon.
  • Belajar mengelola keuangan bisnis dengan benar.
Mengingat bisnis ini adalah bisnis referensi, serta mengandalkan keahlian guna menghasilkan produk yang indah dan berkualitas, maka membangun proses kerja yang baik dan tepat, serta membangun sistem pelayanan yang baik dan benar menjadi sangat penting.

Terlebih lagi karena produk digital sablon berupa souvenir yang umumnya digunakan untuk even program promosi, maka professionalisme dalam hal janji untuk pemenuhan penyelesaian produksi atau delivery yang tepat menjadi acuan yang wajib di perhatikan.