Kiat cerdas desain reklame toko atau kantor

Jumat, 20 Juli 2012

Bagi mereka yang memiliki usaha baik yang bersifat perdagangan retail untuk produk umum atau khusus, dan yang memiliki kantor agar dapat lebih dikenal dan mudah dicari. Maka penandaan lokasi dengan media reklame outdoor menjadi sangat penting.

Reklame outdoor yang umumnya berbentuk papan nama atau billboard, neonbox, letter timbul, atau lainnya menjadi penanda lokasi yang sangat tepat sekaligus menjadi ajang media reklame bisnis yang bagus. Untuk itu selain bentuk dan desainnya, pemilihan titik lokasi meletakannya menjadi bagian yang perlu mendapatkan perhatian. Kesalahan dalam desain dan peletakan dapat berakibat reklame menjadi kurang menarik, tampak kumuh, atau bahkan tidak dapat menarik perhatian karena tidak kelihatan.

Reklame toko
Saat kita ingin membangun reklame untuk bisnis guna mendapatkan lebih perhatian dari kalangan umum, Berikut beberapa tips bagaimana membangun atau mendesain reklame yang baik dan benar.

Pilihan dan gunakan kombinasi warna yang menarik dan tepat.
Walaupun logo yang merupakan indentitas usaha Anda telah menggunakan warna tertentu, namun untuk warna latar belakang (background), Anda tetap dapat menggunakan warna-warna yang menarik dan tepat. Jangan sampai pemilihan dan penggunaan warna menghilangkan atau menyamarkan identitas dan tagline yang merupakan tujuan utama reklame.

Buat desain unik dan berbeda.
Jika memungkinkan lakukan survey di sekitar toko atau tempat usaha berada. Perhatikan bagaimana bentuk-bentuk desain, warna, ukuran, serta tinggi dari reklame dari tanah. Kemudian pikirkan dan dapatkan ide bagaimana reklame yang akan dibangun bisa berbeda dari mereka. Bila reklame mereka rendah, mungkin bisa membuat reklame yang lebih tinggi. Bila reklame mereka persegi, cobalah bentuk bulat atau oval. Dengan desain berbeda, reklame yang dibuat akan mudah menarik perhatian dan dikenali.

Pastikan lampu dan pencahayaannya cukup.
Walaupun tempat usaha tidak beroperasi atau tutup pada malam hari, namun tidak berarti reklame harus menjadi sia-sia karena gelap. Dengan memberi penerangan pada malam hari, kepastian tetap ‘beriklan’ kepada setiap orang yang lewat tetaplah sebuah peluang.

Pastikan ukurannya tepat dan relevan.
Jika reklame lebih kecil dari rata-rata reklame di sekitar tempat usaha , umumnya orang akan cenderung melewati tanpa memperhatikannya dengan baik. Minimal menggunakan ukuran yang sama atau lebih besar dari yang ada disekelilingnya. Jika terpaksa harus kecil karena lokasi dan relevansinya maka wajib membuat seunik dan sekreatif mungkin.

Pastikan pada titik lokasi yang tepat.
Posisi reklame bisa bermacam-macam. Anda bisa meletakkannya persis di pinggir jalan, di muka bangunan atau bisa keduanya. Bila telah membuat reklame dengan ukuran besar pada bagian depan bangunan, maka reklame pada pinggir jalan tidak perlu besar asal masih terlihat oleh pengendara yang lewat. Juga demikian sebaliknya. Cobalah berjalan di sekitar tempat usaha . Lihatlah dan pantau pada posisi mana reklame  akan terlihat dari segala arah .

Jika perlu berkonsultasi pada biro professional.
Dalam mendesain isi reklame, tentu bisa saja meminta bantuan profesional yang biasanya juga disediakan oleh kontraktor reklame. Umumnya mereka lebih mengerti mengenai jenis huruf, warna serta layout dari reklame agar mudah dibaca. Banyak reklame yang berukuran besar namun tidak dapat terbaca dengan baik karena jenis huruf serta tulisannya yang terlalu kecil.

Dengan memperhatikan dan mengikuti kiat tersebut diatas, jelas budget besar yang dikeluarkan untuk reklame pemasaran bisnis tidak menjadi sia-sia. Kita tidak dapat terus berbicara, namun reklame yang dibangun dengan benar sudah pasti dapat menggantikannya pada saat tertentu tanpa keberadaan anda disitu.