Benarkah iklan dan branding itu penting bagi bisnis ?

Rabu, 11 Juli 2012

Judul tersebut diatas sangat menggungah bagi mereka yang awam dan baru saja memulai sebuah bisnis untuk menjadi usahawan, apapun bidang bisnis yang sedang dijalankan, dan berapapun permodalan yang sudah ditanamkan. Tentu sangatlah bijak jika seseorang usahawan menginginkan bisnisnya bisa terus maju dan berkembang lebih baik lagi.

Pernahkah anda berpikir ingin membeli sesuatu yang tidak pernah anda beli sebelumnya namun ketika dihadapkan oleh banyaknya pilihan merk tiba-tiba dibenak pemikiran berkata “Sepertinya produk dengan merek ini bisa menjadi pilihan” seolah-olah benak pernah tahu suatu merek, padahal tidak mengenal dan tidak pernah membeli produk yang dilihat sebelumnya.

berbagai media reklame
Mengapa demikian? Itu dikarenakan branding dan iklan yang kuat dan disajikan pada produk tersebut. Oleh karena itu pembuatan logo/brand itu sangat penting untuk sebuah produk dan perusahaan, tidak bisa hanya dengan asal-asalan saja dalam membuat sebuah brand karena logo dari brand itulah yang diingat oleh para customer baik itu customer saat ini atau customer yang akan datang di kemudian hari. Pembuatan logo yang menarik adalah logo yang mudah diingat dengan perpaduan warna yang harmonis yang sesuai dengan konsep dasar perusahaan.

Atau saat berjalan-jalan, anda menemui sebuah poster, billboard, baliho, dan sejenisnya yang memberikan gambaran ringkas secara visual akan perusahaan atau produk yang ditawarkan. Kadang kala kita mencari suatu produk yang diinginkan, namun sering bertemu dengan iklan yang menawarkan produk sejenis namun dengan merek yang berbeda. Tentu saja hal ini bisa menjadikan pemikiran seseorang berubah akan merek yang dikonsumsi untuk sebuah produk yang diakibatkan dari kekuatan sebuah branding atau iklan dari produk tersebut.

Selain logo, iklan, serta banyak hal juga penting untuk menjaga loyalitas pelanggan kepada sebuah merek, tidak sedikit produk dari merek-merek yang sudah terkenal dan lama yang sudah merasa cukup aman untuk tidak beriklan lagi. Hal ini dapat menyebabkan customer lupa dan ragu akan product tersebut, kadang ketika customer diperhadapkan dengan pilihan bisa-bisa mereka berpikir tentang keberadaan dan memutuskan untuk beralih pada produk lainnya.

Pepsi, Coca Cola, samsung, toshiba, dan merek raksasa lainnya merupakan beberapa perusahaan raksasa yang selalu membuat banyak iklan yang sangat inovatif. Tidak sedikit dari iklan mereka yang tidak boleh ditayangkan karena dianggap terlalu extreme. Walaupun beberapa perusahaan itu sudah sangat besar namun tidak sedikit biaya yang mereka keluarkan untuk iklan karena mereka tidak ingin dilupakan, mereka merasa ingin selalu exist dan menjadi nomor satu.

Begitupula dengan perusahaan dan produk yang menjadi bisnis rekan usahawan saat ini, mungkin dengan menyisihkan budget yang ada untuk meningkatkan kinerja perusahaan, mengapa tidak dilakukan untuk impian yang lebih besar.