Jenis dan fungsi iklan backdrop dalam promosi

Senin, 10 Desember 2012

Sering sekali kita melihat iklan yang di tampilkan sebagai latar belakang dari suatu acara, pameran, pagelaran, seminar, hingga ruangan. Karena di tampilkan sebagai latar belakang, maka iklan ini sering kali disebut dengan backdrop. Biasanya jenis iklan ini berukuran sangat variatif, dari ukuran kecil kurang lebih 2x ukuran xbanner atau 180x160 cm hingga berukuran besar sesuai dinding yang tersedia atau ditutupi dengan iklan.

backdrop promosi
Saat ini backdrop biasanya dibuat dengan bahan vinnyl atau wall paper, tetapi lebih banyak di buat dengan vinnyl karena lebar bahan dan metode printing yang digunakan lebih mudah dalam prosesnya danlebih cepat dalam pemasangannya. Backdrop bisa di pasang dengan langsung di tempelkan pada dinding, mirip seperti branding. Namun sering kali menggunakan rangka baik berbahan besi, aluminium, maupun kayu.

Dimana backdrop sering kali di letakan? peletakan backdrop di areal indoor biasanya lebih rumit dari pada media outdoor. Pada media indoor, backdrop wajib mengikuti relevansi dari keadaan atau kondiri desain interior pada media indoor. Sedangkan pada media outdoor, backdrop lebih mudah karena hanya mengikuti luas dan tinggi tatanan panggung sebuah acara pada media outdoor.

Backdrop diletakan dan berfungsi dengan baik pada konsidi sebagai berikut :
  • Panggung acara musik, seni, dan hiburan, berupa iklan latar belakang panggung.
  • Panggung atau ruangan rapat dan seminar
  • Latar belakang stand pameran atau bazar
  • Latar belakang atau backwall ruang tunggu untuk tamu
  • Dan berbagai acara lainnya.
Backdrop umumnya di pasang didaerah yang tidak tinggi, walaupun tinggi backdrop mencapai 2 sampai dengan 3 meter, namun pada dasarnya backdrop di pasang berdiri yang berawal pada dasar lantai atau dasar sebuah panggung. Sehingga untuk membuat sebuah beckdrop biasanya perlu memperhatikan lebar dan tinggi yang disesuaikan atau dibutuhkan.

Untuk memasang backdrop pada media yang sudah tersedia berupa rangka bisa menggunakan atau memberikan lubang mata ayam pasa sisi backdrop yang berfungsi sebagai tempat menyangkutkan atau mengikat. Sedangkan jika media yang tersedia menggunkan rangka kayu, maka untuk halusnya sebuah backdrop bisa di pasang dengan menggunakan stapless / gun stapler.

Keberhasilan sebuah promosi melalui media backdrop akan lebih berhasil, jika sebuah backdrop mampu membangun suasana yang relevan dan sesuai dengan acara yang sedang dilangsungkan, biasanya iklan yang diletakan pada backdrop tidak hanya satu, namun menjurus pada beberapa iklan dan logo yang lebih menonjolkan pada eksklusivitas sebuah produk atau perusahaan.