Banner primadona reklame periklanan indoor dan outdoor

Kamis, 12 Juli 2012

Beriklan untuk membangun publikasi dan popularitas perusahaan dan produk yang sedang dipasarkan atau dijadikan komoditi menjadi kegiatan yang sangat menarik dan menantang, selain membutuhkan pengetahuan yang luas, dasar beriklan, dan seni design, persaingan yang jelas kompetitif sangat menjadi ukuran keberhasilan untuk sebuah iklan yang dibuat dan diterbitkan.

Salah satu iklan yang umum di buat oleh bisnis menengah hingga bisnis atas adalah banner. Sebagai media reklame, banner sangat berfungsi dinamis untuk dapat digunakan pada media indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan). Media reklame ini sangatlah mobile, sehingga mudah dipindahkan dan dapat dibawa kemana saja iklan ingin ditampilkan.

Banner umumnya berisi gambar dan tulisan, gambar mewakili produk atau apapun yang menjadi komoditi dan tulisan menyampaikan informasi apapun yang ingin disajikan dalam iklan, yang biasanya berisi tagline sebuah bisnis atau produk.

banner
Sebagian insan periklanan masih menyebut spanduk, atau materi billboard sebagai banner, jika benar maka media tersebut dikatakan sebagai banner statis. namun banner umumnya dinamis dengan ukuran tidak terlalu besar sehingga mudah untuk dipindahkan dari satu lokasi atau titik kepada lokasi titik lainnya, media seperti ini antara lain :
  • X-banner
  • Roller Banner
  • Mini Banner
  • Banner display.
Umumnya benner dapat kita temukan di showroom-showroom, outlet, kantor pelayanan seperti bank, mall didepan-depan gerai, dan lain sebagainya. Tidak jarang banner display di tampilkan didepan kios, atau mobil yang dijadikan tempat usaha selain brandingan pada kendaraan tersebut.
Lalu bagaimana membuat banner yang baik :
  • Kombinasi warna dan gambar sangatlah perlu ditata rapi dengan desain yang apik agar banner tampak menarik untuk diperhatikan.
  • Tulisan atau pesan yang disampaikan disajikan dengan singkat dan huruf yang mudah terbaca dengan baik.
  • Tagline ditempatkan pada posisi strategis dan mendominasi, agar iklan lebih tersampaikan dan tertangkap oleh calon konsumen.
  • sesuaikan besar dan tinggi ruangan dengan banner yang digunakan, ruangan kecil dengan banner yang besar akan menjadikan suasana suntuk dan gerah, namun ruangan besar dengan banner yang kecil akan menjadikan iklan ditampilkan apa adanya.
  • Pastikan material yang digunakan, apakah untuk kondisi indoor (dalam ruangan) atau outdoor (luar ruangan), karena sangat berpengaruh pada penampilan, ketajaman, dan daya tahan banner tersebut.
Banner salah satu media reklame yang harganya cukup murah dan terjangkau untuk berbagai lapisan bisnis, namun memiliki fungsi sangat kuat jika di buat dan ditampilkan dengan apik. Jadi untuk mengiklankan bisnis rekan usahawan jangan pernah ragu untuk memasukan banner pada perencanaan dan program media periklanan bisnis yang dijalankan.